Wednesday, July 21, 2010

Kurmelo makanan khas asal magetan

Kurmelo, apa itu kurmelo?? pasti anda akan bertanya tanya apa itu kurmelo. Kurmelo merupakan salah satu makanan khas asal magetan. Kata kurmelo berasal dari Kurma Pamelo. Kalau kurma mungkin anda sudah langsung tau. tapi apa Pamelo itu? pamelo adalah buah yang memiliki nama Latin Citrus maxima.

Nah kurmelo ini terbuat dari kulit pamelo itu sendiri. Proses pembuatan kurmelo membutuhkan teknik khusus. Untuk proses pembuatan kurmelo adalah sebagai berikut:


1. Pisahkan kulit jeruk Pamelo dengan isinya. Karena yang akan kita pakai sebagai bahan baku adalah kulit jeruknya.

2. Pisahkan kulit jeruk luar dan kulit jeruk dalam dengan cara dikupas.Yang digunakan sebagai bahan baku adalah kulit jeruk bagian dalam yang berwarna putih.

3. Setelah dipisahkan, kulit jeruk dalam dipotong dadu. Pemotongan dilakukan agak tipis supaya rasa manis manisan mudah meresap.

4. Rendam kulit jeruk yang sudah dipotong ke dalam air garam selama satu malam. Pada waktu perendaman hendaknya diremas-remas supaya getir dari kulit jeruk larut dalam air garam, garam yang digunakan adalah 2 bungkus untuk 1 ember air.

5. Setelah itu kulit jeruk dicuci bersih sampai rasa getir hilang, lalu peras sampai kering.Lalu rebus air, gula pasir dan citrun lalu masukkan kulit jeruk yang telah diperas tadi. Setelah itu diamkan selama 1 malam.

Satu panci berisi air 6 liter, gula 1 Kg, 1 Kg kulit jeruk, dan 1 sendok teh citrun.

6. Kemudian direbus lagi dengan menambahkan air dan aroma (cokelat, strawberry, melon, susu). Kemudian diamkan dalam satu malam.

Larutkan aroma dengan 2 liter air dan ½ Kg gula.

7. Rebus lagi manisan sampai air tinggal sedikit, kemudian dinginkan.

8. Langkah selanjutnya adalah pemanggangan oven pada suhu sekitar kurang lebih 50o C selama 8 jam.Setelah matang, tunggu sampai dingin dan siap dikemas. Jika menggunakan oven manual pemanggangan dilakukan dengan membolak-balik posisi loyang setiap 15 menit sekali.

proses no 1-8 ini dikopi dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/pkm/article/view/2917 judul:Usaha Pembuatan Manisan Kulit Jeruk Pamelo Aneka Rasa di Kabupaten Magetan karya Bagus RV. setelah itu kurmelo siap untuk dikemas dan dipasarkan.

No comments:

Post a Comment